Minggu, 16 Desember 2012

Software Aplikasi

PERANGKAT LUNAK
Perangkat lunak sesungguhnya adalah program. Sebagaimana telah anda ketahui, program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan computer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.
Pembagian Perangkat lunak Berdasarkan fungsinya
  1. Perangkat lunak aplikasi (application software) adalah program yang bias dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik; misalnya untuk membuat dokumen, memanipulasi foto, atau membuat laporan keuangan.
  2. Perangkat lunak system (system software) kadangkala disebut perangkat lunak pendukung atau support adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya computer, seperti CPU dan piranti masukan/keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras computer.contoh perangkat lunak system yaitu system operasi (misalnya windows, linux dan mac).
Pembagian Perangkat Lunak Berdasarkan Cara Mendapatkan Perangkat Lunak Dan Hak Pemakaian
1.      PERANGKAT LUNAK KOMERSIAL
Perangkat lunak komersial (commercial software) biasa juga disebut proprietary software adalah perangkat lunak yang dijual secara komersial. Setiap orang yang bermaksud menginstalnya harus membelinya. Jika tidak membayar berarti melakukan pembajakan perangkat lunak dan dapat dikenai sanksi hukum karena ada hak cipta. Hak cipta adalah suatu hak yang dilindungi hokum yang melarang seseorang menyalin hak atas kekayaan intelektual tanpa Izin pemegangnya.
Contoh : Adobe Photoshop CS6, CorellDraw, Microsoft Office 2013
2.      RENTALWARE
Rentalware adalah perangkat lunak yang bisa digunakan oleh seseorang atau institusi dengan cara membayar sewa. Sewa biasanya dilakukan pertahun.
Contoh : Norton
3.      Domain-Publik
            Perangkat lunak domain-publik adalah perangkat lunak yang tidak disertai dengan hak cipta dan memungkinkan siapa saja berhak melakukan apa saja kedalam program itu, termasuk membuang nama penciptanya dan memperlakukannya sebagai karya ciptanya sendiri dan mengenakan hak cipta. Perangkat lunak seperti ini umumnya berupa kode sumber dan banyak dijumpai pada internet.
Contoh : Winnamp, VLC, AVC
4.      SHAREWARE
Shareware adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bisa digunakan oleh pemakai dengan tujuan untuk dilakukan evaluasi selama masa tertentu tanpa membayar sama sekali
Contoh: Winzip, Window Blinds
5.      FREEWARE
Freeware adalah perangkat lunak yang tersedia tanpa kode sumber dan bebas digunakan oleh siapa saja tanpa perlu membayar
Contoh: Ccleaner, RocketDock, Paint.net
6.      FREE SOFTWARE
Free  software adalah peramgkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber yang memungkinkan siapa saja dapat menggunakan program tersebut dan bahkan ikut mengembangkannya
7.      Open Source
Dikemukakan oleh Eric Raymond pada tahun 1998 dan dimasukan untuk menghilangkan makna “free” pada “free software” yang ambigu karena dalam bahasa inggris kata tersebut memiliki arti yang bermacam-macam, yakni free dalam arti gratis ataupun free dalam arti kebebasan. Open source timbul dari ide bahwa seandainya setiap orang dapat berpartisipasi dalam mengembangkan suatu perangkat lunak tentu perangkat lunak tersebut akan segera berevolusi menjadi ketingkat kesempurnaan.
Hak-hak yang disediakan dalam open source :
  1. Hak untuk membuat salinan program dan mendistribusikan salinan tersebut.
  2. Hak untuk mengakses kode sumber sebagai syarat untuk bisa melakukan pemodifikasian.
  3. Hak untuk melakukan pengembangan terhadap program.
Contoh: Mozila Fire Fox,  perl
8.      Istilah Versi dan Rilis
1)      Versi (version) menyatakan perubahan besar pada perangkat lunak. Umumnya, versi dinyatakan dalam bilangan
2)      Rilis (release) menyatakan perubahan kecil terhadap versi yang sama. Rilis bisa dinyatakan dengan angka dibelakang tanda titik

9.      Antar  muka Pemakai
1)      Antarmuka pemakai pada komputer di masa lalu dan pada masa sekarang telah mengalami perubahan secara total. Pada generasi awal, PC menggunakan antar muka yang dinamakan command-driven. Pada antarmuka ini, pemakai disuguhi dengan prompt shell dan pemakai perlu mengetik sendiri perintah yang dikehendaki agar komputer melaksanakan tugasnya.
2)      Antarmuka dalam bentuk yang lain juga mulai diterapkan. Sebagai contoh dimungkinkan untuk memerintah komputer dengan menggunakan suara ataupun kedipan mata.

PENGGUNAAN PERANGKAT LUNAK
1.      Perangkat lunak hiburan
            mencakup program-program permainan (game), program untuk memainkan musik (misalnya winamp), dan program untuk memainkan film (misalnya window media player).
Contoh: Games
2.      Perangkat lunak pendidikan
            Berguna untuk mempelajari atau mereferensi sesuatu pengetahuan, termasuk dalam kategori ini adalah program kamus, ensiklopedi, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing, dan simulasi. Adakalanya sebuah program menggabungkan kemampuan pendidikan dan hiburan sekaligus, perangkat lunak seperti ini biasa disebut edutainment.
3.      Perangkat lunak bisnis
            Digunakan untuk menangani aplikasi bisnis. Misalnya berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan dan pembayaran piutang (accounts receivable) dan registrasi mahsiswa (sistem akademis).
4.      Perangkat lunak produktivitas kerja
            Berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja pemakai.
kategori perangkat lunak penunjang produktivitas kerja
1.      Word Processing
Word processing atau pengolah kata adalah kelompok perangkat lunak yang fungsi utamanya adalah untuk membuat dokumen.


2.      Spreadsheet
Spreadsheet adalah satu halaman besar berisi tabel. Program aplikasi tabulasi dan pengolah data pada komputer. Contoh perangkat lunak aplikasi spreadsheet ini adalah Microsoft Excel, Quatro Pro.
3.      Dekstop publishing
Dekstop publishing adalah perangkat lunak yang biasa digunakan oleh percetakan untuk menghasilkan produk cetakan seperti brosur atau kartu undangan. Umumnya perangkat lunak ini memepunyai kemampuan untuk menggabungkan berbagai berkas yang dihasilkan oleh perangkat lunak lain, misalnya dokumen dari pengolahan kata, gambar buatan yang dibuat melalui perangkat penggambar  seperti paint, dan gambar dari hasil scanner.
4.      Program perangkat lunak presentasi grafik
Program perangkat lunak presentasi grafik berguna untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksanakan presentasi. Dengan menggunakan perangkat ini Anda dapat dengan mudah membuat bahan presentasi yang disertai dengan gambar, grafik serta mencetaknya ke dalam bentuk kertas atau plastik transparan.
5.      Perangkat lunak komunikasi
Perangkat lunak komunikasi berguna untuk melakukan komunikasi antarorang melalui surat elektronis (e-mail).
6.      Personal Information Manager
Personal Information Manager (PIM) merupakan program yang sangat bermanfaat bagi individu yang ingin mengelola informasi pribadi. Perangkat lunak ini bermanfaaat untuk mengelola informasi yang berhbunga dengan jadwal, tugas, dan rekanan atau klien, dan keuangan.
7.      Perangkat lunak manajemen data
Perangkat lunak manajemen data atau dikenal dengan sebutan DBMS (Database Management System) adalah program yang berguna untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data dengan cara yang mudah dan cepat.
8.      Software Suite
            Software Suite adalah kumpulan beberapa program yang dikemas menjadi satu. Beberapa contoh yang terkenal adalah Microsoft Ofice, Lotus SmartSuite

Tidak ada komentar:

Posting Komentar